Ads 468x60px

Piro yo suhu dan kelembaban nya ??? Deteksi aja pake SHT 11

Salam damai....Senajan Kenthir nanging kebak Pikir...

Malam ini, sang murid kembali datang ke WongSableng Lab untuk membuka kembali kisah2 Ki Sableng (Sang Guru)...wkwkwkwk. Sang murid pun menuju dapur untuk membuat secangkir kopi, menemani malamnya... wkwkwkwk. Kemudian didapatlah sebuah cerita....

Sensor suhu dan kelembaban yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah SHT11. Sensor SHT11 adalah sebuah singgel chip multisensor untuk sensor kelembaban dan suhu ruang yang telah terkalibrasi sempurna sehingga bentuk keluaran sudah dalam bentuk digital. Industri CMOS memproses dengan micro-machining yang telah dipatenkan. Industri ini memastikan keandalan paling tinggi pada sensor ini dengan stabilitas jangka panjang. Piranti meliputi suatu  polimer kapasitif yang merasakan unsur kelembaban relatif dan suatu bandgap untuk sensor temperatur. Keduanya digabungkan untuk suatu 14bit  analog ke konvertor digital. Data digital yang dihasilkan sensor bisa diakses dengan komunikasi 2 wire biderectional.

Polimer kapasitif digunakan sebagai elemen sensor kelembaban pada SHT11. Terdapat hubungan antara uap air dengan lapisan polimer yang digunakan sensor kelembaban kapasitif. Difusi dari bahan kimia kedalam sebuah polimer menyebabakan pergeseran nilai kapasitif dan akan timbul sensitifitas. Dari perubahan nilai kapasitif terhadap bahan polimer dalam sensor SHT11, akan dirubah dalam besaran lain yaitu besaran tegangan, singgle chip ini sudah mengubahnya kedalam besaran tegangan volt. Setelah merubah dari nilai kapasitif ke bentuk tegangan dia juga mengubahnya kebentuk data digital 12 bit untuk kelembaban.

Sensor Temperatur dalam singgle chip SHT11 menggunakan bandgap. Bandgap didalam ilmu fisika material merupakan batas energi pita valensi dan pita konduksi yang terdapat dalam semikonduktor. Elektron pada pita konduksi yang minimum dapat berkombinasi secara langsung dengan hole pada pita valensi maksimum. Energi dari salingnya kombinasi tadi membuat timbulnya emisi dalam bentuk foton. Emisi tersebut sebenarnya diwujudkan dalam bentuk tegangan, sehingga apabila bandgap tersebut diberikan sebuah suhu yang agak panas maka emisi ini akan terjadi semakin meningkat. Tegangan ini dirubah menjadi 14 bit data digital.

Yaaa,,,itulah sedikit ceritanya,hehehehe...pengen tau lebih lengkap download datasheet SHT 11. Lhaa terus bagaimana cara pakainya ??? Lanjut saja ke Pembacaan suhu dan kelembaban SHT 11 pada LCD karakter...mungkin bisa membantu

Salam damai....matur nuwun...

1 komentar:

pablu mengatakan...

jan sangar cah ko tulungagung iki, lanjutkan

Posting Komentar