Ads 468x60px

Sensor Gas Metana TGS 2611,,, Apa an tuh ???

Salam damai semua pembaca....Senajan KENTHIR, nanging kebak PIKIR.
 
Setelah perut terisi makanan,,,sang murid kembali membuka catatan Ki Sableng (wes lethek suwek suwek, wkwkwk). Ternyata didapat lagi sebuah cerita tentang sensor gas karbondioksida. (wkwkwkwk narasine koyok novel, mekso gak jelas). Begini ceritanya :
Bahan detektor gas metana adalah metal oksida, khususnya senyawa paladium. Ketika bahan metal oksida dihangatkan pada temperatur tertentu, maka oksigen akan diserap dari permukaan kristal, sehingga oksigen akan bermuatan negatif. Proses penyerapan oksigen oleh sensor dapat dilihat dari persamaan kimia berikut ini:

PdO2 + ½ O2 + e- ==> (PdO2)O-                     

Reaksi tersebut disebabkan karena permukaan kristal akan mendonorkan elektron pada oksigen yang terdapat pada lapisan luar, sehingga oksigen akan bermuatan negatif dan muatan positif akan terbentuk pada permukaan luar kristal. Tegangan permukaan yang terbentuk akan menghambat laju aliran elektron. Aliran elektron potensial tingggi ke potensial rendah menghasilkan arus listrik. Ini dia ilustrasinya...sik sik kawit mau durung nyruput kopi, yoh disruput disek....sruuuuutttttttt

Dilanjut lagi ceritanya ....
Arus listrik mengalir melewati daerah sambungan (grain boundary) dari bahan metal oxida di dalam sensor. Pada daerah sambungan, penyerapan oksigen mencegah muatan untuk bergerak bebas. Jika konsentrasi gas menurun, proses dioksidasi akan terjadi. Rapat permukaan dari muatan negatif oksigen akan berkurang dan akan mengakibatkan menurunnya ketinggian penghalang dari daerah sambungan. Misalnya, ditemukan adanya gas CH4 yang terdeteksi, maka persamaan reaksi kimianya berikut:

          CH4 + 3PdO2 2- ==> 3PdO- + CO2 + 2H2 O + 3e             
Dengan menurunnya penghalang maka resistansi sensor juga akan ikut menurun. Lha iki gambare
Wahhh Ki Sableng ternyata juga ilmiah bgt, wkwkwkwk. Sensitivitas sensor gas metana TGS 2611 dalam gambar
Wesssss, itulah secuil kisah Ki Sableng... lebih jelas tentang sensor gas metana TGS 2611 bisa liat datasheet di sini. Dalam bukunya, Ki Sableng juga menjanjikan untuk posting selanjutnya tentang alat ukur konsentrasi gas metana. Bagaimana penggunaannya ??? Lanjut aja ke pengkondisi sinyal sensor TGS 2611.
Salam damai,,,matur nuwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar