Ads 468x60px

Uji Larutan Elekrolit dengan Indikator LED





Eektrolit | konduktivitas | Larutan dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan kemampuannya menghantarkan listrik, yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit. Larutan elektroli adalah larutan yang mampu menghantarkan arus listrik dengan baik, sedangkan larutan non elektrolit tidak mampu menghantarkan arus listrik. Kedua jenis larutan ini membawa konsekuensi berbeda pula kandungan zat dalam larutan tersebut. Larutan elektrolit mengandung ion-ion, salah satu elektrolit adalah garam dapur / NaCl.

Konsep sederhana tentang larutan elektrolit dan non elektrolit, tentunya membangkitkan rasa panasaran kita. Bagaimana membedakan 2 jenis larutan tersebut ? Yang jelas bisa dengan mengetahui kemampuan menghantarkan listrik (konduktivitas). Bagaimana caranya ? Kita buat alat sederhana yang sangat mudah dibuat, berikut ini konsepnya.


Untuk mengetahui daya hantar arus listrik, berarti kita harus mengalirkan arus listrik ke dalam larutan. Sumber arus listrik adalah baterai, kutub positif baterai kita hubungkan dengan elektroda positif, sedangkan kutub negatif dengan lampu indikator (bisa LED kecil) yang dihubungkan dengan elektroda negatif. Elektroda bisa dari bahan penghantar, paku atau elektroda dalam baterai yang sudah tidak terpakai. Prinsipnya ketika arus listrik dialirkan dalam larutan elektrolit, maka ion negatif akan bengalir ke elektroda positif dan begitu sebaliknya, sehingga arus listrik tetap mengalir dan lampu menyala. Semakin kuat elektrolitnya, maka nyala lampu semakin terang. Sedangkan untuk larutan non elektrolit, di dalamnya tidak mengandung ion, sehingga arus listrik tidak mengalir dan lampu tidak menyala.


Pengujiannya sederhana sekali, kita uji daya hantar listrik air murni, kemudian air yang di dalamnya terlarut garam masing-masing berbeda konsentrasinya. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin banyak konsentrasi garam, maka daya hantar listrik semakin besar, ditunjukkan dengan nyala lampu semakin terang. Hal itu desebabkan karena garam yang terlarut dalam air membentuk larutan elektrolit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar