Ads 468x60px

Alat Ukur Tingkat Kejernihan Air

Halo sodara semua sebangsa tanah dan sebangsa air (waduh kliru, sebangsa dan setanah air) hehe. Dini hari ini saya lagi pengen sharingkan alat yang dulu pernah saya buat ketika dapat tugas kuliah instrumentasi. Wah sayangnya alat ini sederhana banget, maklumlah ilmu pas-pasan. Alat ini adalah penentu tingkat kejernihan air. Ini cerita seriusnya..(eitss, nyruput kopi dulu donk…)
Air merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena itu, kualitas air yang bisa dikonsumsi manusia harus diperhatikan. Parameter-parameter yang bisa digunakan untuk menentukan kualitas air antara lain kejernihan, kondutifitas listrik, rasa, bau. Parameter itu menentukan kemurnian dari air itu dan sehat atau tidaknya untuk dikonsumsi manusia.
Salah satu parameter kualitas air yaitu kejernihan, dapat dinyatakan dengan kemampuannya untuk meneruskan cahaya yang mengenainya. Dengan kondisi itulah dibuat sebuah alat yang mampu mendeteksi transmisi cahaya dari air itu dengan sensor fotodioda. Dengan alat ini mampu ditentukan tingkat kejernihan air.
Peralatan yang digunakan dalam proses percobaan ini antara lain power supply DC +5, +12, dan -12, IC LM741, potensiometer 10k, resistor 1k, 400k, 330, IC ATMega 8535L, LED putih, LCD Character 16x2, gelas ukur 400 ml, tinta printer e-print hitam, dan air.

Ini dia skema rangkaiannya
a. Blok sensor dan sumber cahaya


b. Blok penguat


c. Blok display


d. Blok Mikrokontroler



Masing-masing blok rangkaian dihubungkan dengan power supply DC. Jarak fotodioda dan led diatur pada 22 cm. Gelas ukur diisi air dengan volume 400 ml, kemudian diletakkan tepat diatas fotodioda. Setelah itu, tegangan keluaran dari blok penguat dimasukkan ke input ADC mikrokontroler untuk diolah yang kemudian ditamoilkan ke LCD. Tampilan di LCD berupa tegangan keluaran penguat, intensitas cahaya, dan Tingkat kejernihan air. Kemudian setiap penambahan tinta, hasil pengolahan mikrokontroler ditampilkan ke LCD.
Yah…Cuma itulah alatnya, sangat sederhana saja. Pada dasarnya untuk mencoba mengaplikasikan sebuat sensor menjadi alat yang lebih berguna..hehe
OOO iyo ni foto alate..




9 komentar:

fajar mengatakan...

slam knal, saya fajar
sbenarnya saya pngen buat ini alat buat praktek sndri
klo boleh, saya minta programnya donk, sxan saya belajar membuat mikrokontroler

CARA MEMBUAT PKM GT mengatakan...

boleh tau gk gambar dari rangkain blok penguat dan blok sensor yang uda terpasang pada vcb.?
makasih

WongSableng Lab mengatakan...

gambarnya sama seperti yang di post di atas...

sensor pakai konsep pembagi tegangan, penguatnya pakai non inverting...o ya sensor cukup pakai 1 potodioda dan resistor...mohon dikoreksi kalo salah mas...

Anonim mengatakan...

bang boleh minta daftar komponen sama source kodenya..?

Anonim mengatakan...

^-- klo bole mohon dikirim di bintar.tunas@yahoo.com
makasi

WongSableng Lab mengatakan...

Ini komponen yang saya pakai :

power supply DC +5, +12, dan -12, IC LM741, potensiometer 10k, resistor 1k, 400k, 330, minimum sistem ATMega 8535L, LED putih, LCD Character 16x2

untuk source code coba tak cari lagi ya...heee lupa naruh file nya...semoga bisa membantu...

salam persahabatan

Unknown mengatakan...

gan kalo buat deteksi kejernihan air di akuarium yang di isi ikan gimana?

Unknown mengatakan...

Saya satya dari jogja . Mas boleh minta kontaknya gak, saya baru bikin tugas akhir yang mirip sama ini nih, minta tolong bantuannya :)

Unknown mengatakan...

Bro boleh tau gk source codenya? mungkin udah ketemu

Posting Komentar